Trik Siap Kerja bagi Lulusan SMK

lulusan-smk-jangan-hanya-mentok-bekerja-hcChW98fxH-800x380

Sekolah menengah kejuruan (SMK) disiapkan bagi siswa-siswi yang usai lulus ingin langsung bekerja. Meski demikian, setiap siswa-siswi SMK harus memiliki trik agar setelah lulus bisa terserap di dunia kerja.

Siswa SMKN 1 Batam, Fahri Yudin, mengungkapkan mempunyai trik khusus agar setelah lulus nanti kemampuan yang dimiliki tidak lagi diragukan dan bisa bermanfaat untuk memasuki dunia kerja.

“Sejauh ini masih ada teori, tapi sekolah kami mengadakan uji sertifikasi di bidang PLC (programmable logic controllers). Dengan mengikuti itu, kita secara resmi memang diakui kemampuan di bidang itu,” ungkapnya belum lama ini.

Hal itulah yang membuat Fahri merasa percaya diri dan optimis bahwa setelah lulus sekolah bisa langsung bekerja. “Jadi, sudah percaya diri dan optimis,” ujarnya.

Menurut siswa kelas XI SMK itu, enaknya mengeyam pendidikan di SMK adalah bisa langsung praktik tanpa terlalu banyak teori. “Enaknya sekolah di SMK itu langsung praktek tanpa banyak teori. Jadi kalau banyak teori kan pusing, jadi enakan langsung,” imbuhnya.

Fahri juga menambahkan, walau memilih SMK, dirinya tetap berkeinginan melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah. “Iya tetap berkeinginan kuliah. Sesuai dasar SMK itu kerja dulu. Jadi, kerja dulu. Jadi mungkin kalau sudah siap kerja bisa ngambil politeknik,” tambahnya.

Sumber : Okezone