Lulusan SMK Masih Kurang Informasi Seputar Kerja

Lomba-LKS-600x220

Kurangnya informasi seputar kerja membuat sejumlah lulusan SMK tidak tahu di mana mereka harus meniti karier. Padahal dengan banyaknya informasi yang ada, mereka menjadi tahu ke mana harus melamar pekerjaan usai lulus nanti.

Direktur Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Mustagfirin Amin, menyatakan lulusan SMK belum bias bekerja karena tidak tahu tempat kerja yang sesuai kemampuannya. “Bisa jadi karena mereka tidak tahu di mana tempat kerja itu adanya,” ungkap dia, di Hotel Sangri-la, Jakarta, belum lama ini.

Kemudian, pihak industri juga perlu tahu mengenai para lulusan SMK. Karena itulah, tidak jarang pihak industri kerap diundang agar bisa mengetahui kemampuan yang dimiliki para lulusan SMK.

Mustagfirin menambahkan, para siswa-siswi SMK juga perlu untuk melakukan praktik kerja. Maksudnya agar mereka bisa memiliki kemampuan lebih dan mendapat banyak informasi.

“Sekolah-sekolah itu harus lebih banyak memperkenalkan diri, makanya dilakukan dengan cara harus ikut praktik kerja. Itu dilakukan selama tiga sampai enam bulan. Untuk mendorong anak-anak SMK bekerja,” tambahnya.

Sumber : Okezone