Lulusan SMK Jangan Hanya Mentok Bekerja

190612_RHN-BISNIS-01-LOMBA-KOMPETENSI-SMK

Lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) banyak juga yang hanya fokus pada dunia kerja. Alhasil ketika sudah bekerja, ada juga yang tidak lagi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Siswa SMKN 1 Batam, Fahri Yudin, mengungkapkan bahwa siswa SMK itu harus tetap memperbanyak ilmu meski di didik untuk bisa siap terjun di dunia kerja.

“Walaupun di didik untuk kerja, kita juga harus memperbanyak ilmu dengan lanjut kuliah. Mau itu dibarengi kerja atau tidak. Karena kalau kita cuma tamatan SMK, untuk dunia kerja posisinya hanya sebagai teknis,” ungkapnya belum lama ini.

Siswa jurusan teknik elektronika industri tersebut menuturkan, bekerja juga bisa dibarengi kuliah. Nantinya, hal itu justru bisa memberi nilai lebih ketika mendapatkan gelar akademik.

“Kita akan dapat title D-3 atau S-1. Di situ kita juga bisa diperhitungkan. Juga jabatannya yang lebih tinggi,” ujarnya.

Fahri menyarankan kepada teman-teman yang lain yang juga mengeyam pendidikan SMK untuk bisa melanjutkan pendidikannya.

“Jadi untuk teman-teman lain harapannya dilanjutkan lagi pendidikanya sembari kerja. Kalau niat kuliah sih niat, tapi diusahakan dulu buka usaha, baru kuliah. Itu juga ngambilnya maunya politeknik saja, bukan universitas,” tambahnya.

Sumber : Okezone